Posted by : Unknown Jumat, 17 Januari 2014



Manfaat Jaringan Komputer

Untuk mengetahui manfaat dari jaringan computer, dapat dilihat dari mengapa orang tertarik menggunakan dan untuk apa jaringan itu dipakai. Ada beberapa tujuan dari jaringan yaitu berbagi pakai(Resource Sharing), keandalan tinggi(high reliability), menghemat uang(saving money), skalabilitas(scalability).

Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakaiannya.
Tujuan kedua yaitu untuk mendapatkan kendalan tinggi(high reliability) dengan memilik sumber-sumber alternatif yang tersedia. Sehingga jika mesin satu sibuk maka mesin lain dapat melayani permintaan. Adanya multiple CPU sangat menguntungkan.

Menghemat uang.Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan computer besar. Komputer main frame mempunyai kira-kira kecepatan sepuluh kali lipat computer pribadi (personal komputer). Tetapi hargana seribu kali lebih mahal. Sehingga perancangan system memilih mengumpulakan computer pribadi dalam system jaringan, dengan data utama disimpan pada satu atau lebih mesin file server yang dapat dipakai bersama sama. Model ini disebut model client-server.

Skalabilitas, untuk meningkatkan kemampuan kinerja system secara bertahap sesuai beban yang diberikannya, dengan hanya menambahkan sejumlah processor, tidak perlu mengganti unit pengelola utama(server). Model client-server memungkinkan hal tersebut dilakukan.
Daya tarik pada jaringam computer.
1.      Akses ke informasi yang berbeda di tempat yang jauh.
2.      Komunikasi orang ke orang
3.      Hiburan interaktif


sumber : Sugeng Winarno, 2010,”Jaringan Komputer dengan TCP/IP”,Modula


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nur fitrianti blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -