Posted by : Unknown Jumat, 17 Januari 2014



 KONSEP DASAR JARINGAN KOMPUTER

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali terbentuklah jaringan (network) komputer pada lapis aplikasi. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sedangkan istilah Jaringan Komputer adalah mengartikan himpunan inerkoneksi(interconnected) sejumlah komputer autonomous. Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain, restart, shutdows, kehilangan file atau kerusakan sistem.  

Sebelum jaringan komputer popular, user komputer pernah mengenal sistem terdistribusi. Terdapat hal yang cukup membingungkan dalam pemakaian istilah jaringan komputer dan sistem terdistribusi (distributed system). Sistem terdistribusi adalah sebuah system dengan satu unit kendali(sbg. master) dan sejumlah unit dikendalikan (sbg.slave) untuk para pengguna, bukanlah suatu jaringan komputer. 

Perbedaan antara system terdistribusi dengan jaringan komputer lebih terletak pada perangkat lunaknya(khususnya system operasi) bukan pada perangkat kerasnya. 

sumber : Sugeng Winarno, 2010,”Jaringan Komputer dengan TCP/IP”,Modula

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nur fitrianti blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -