Posted by : Unknown Rabu, 27 Juni 2012

1.      Sejarah Bahasa Pascal

Pascal dikembangkan pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth sebagai bahasa yang ringkas dan efisien. Bahasa ini dirancang untuk pemrograman modular, pemrograman terstruktur dan struktur data.
Pascal diturunkan dari bahasa Algol dan nama Pascal diambil untuk menghormati matematikawan dan filosof Perancis Blaise Pascal. Mulanya Pascal digunakan untuk mengajarkan pemrograman terstruktur kepada para mahasiswa.

1.1.   Struktur Program

 Program Pascal terdiri dari:
1.      Kepala Program
Missal: Program nama, Program nama (input), Program nama (input,output)
2.      Bagian Deklarasi
-          Bagian deklarasi label
-          Bagian deklarasi konstanta
-          Bagian deklarasi tipe
-          Bagian deklarasi variable
-          Bagian deklarasi subprogram
Bagian-bagian di atas tidak harus dimiliki semua di dalam program.
3.      Bagian Pernyataan
Begin
End

1.2.  Karakteristik

Bahasa pemrograman Pascal merupakan bahasa tingkat tinggi. Karakteristik lain adalah:
         General purpose: Bahasa ini digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan terapan.
         Terstruktur: Program dipandang sebagai suatu tugas yang kemudian dibagi (dirinci) menjadi beberapa tugas. Setiap tugas bisa dibagi (dirinci) lagi menjadi beberapa tugas yang lain
         Bertype: Data dideklarasikan dalam jenis tertentu
         Imperatif: tersusun dari sekumpulan perintah tertentu yang harus dilaksanakan.
         Sekuensial: berurutan; perubahan urutan akan mengubah hasil.
         Tidak case-sensitif (case-insensitif): tidak membedakan huruf besar/kapital dan kecil

Sebagai bahasa pemrograman yang terstruktur, bahasa ini menyediakan sejumlah control (berupa REPEAT, WHILE dan FOR) serta mendukung pembuatan program yang tersusun atas sejumlah blok-blok kecil atau yang dikenal dengan sebutan rutin pada berbagai bahasa pemrograman.
     Bahasa pemograman selain bahasa mesin tidak dapat dipahami oleh komputer (termasuk juga bahasa rakitan). Agar dapat di mengerti oleh komputer, program sumber perlu diterjemahkan terlebih dulu. Hal ini dapat dilaksanakan oleh :
  • Interpreter, atau 
  • Kompiler
Dengan menggunakan compiler, program tersebut harus bebas dari kesalahan kaidah agar program dapat dieksekusi (eksekusi adalah istilah dalam pemograman yang menyatakan bahwa program sedang dijalankan oleh komputer). Dengan menggunakan interpreter, eksekusi program dihentikan pada saat suatu perintah dinyatakan salah secara kaidah. Perintah-perintah yang sudah betul dan terletak sebelum yang salah akan tetap dijalankan. Biasanya setelah seorang pemograman telah mahir memprogram, ia akan lebih suka menggunakan compiler, karena kecepatan eksekusi program yang telah di kompilasi jauh lebih cepat daripada interpreter.
Pada model compiler, anda memberikan semua perintah ke penterjemah, tanpa harus menunggu sebuah perintah dikerjakan terlebih dulu. Proses untuk menterjemahkan semua perintah sekaligus pada compiler dikenal dengan sebutan kompilasi.

Apa saja langkah dalam Pemograman ?
            Tahap pada penulisan program adalah sebagai berikut :
  • Menulis program 
  • Menjalankan program untuk menguji kebenaran program 
  • Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program di perbaiki dan kembali ke langkah 2
Khusus untuk pemograman yang menggunakan compiler, sebelum pengujian program dapat dilakukan, program harus di kompilasi terlebih dulu. Pengujian tidak dapat dilakukan selama pada tahap kompilasi terdapat kesalahan kaidah (sintaks), yakni kesalahan dalam menuliskan aturan perintah. Sebagai contoh, kesalahan sintaks akan terjadi kalau perintah pascal WriteLn di tulis menjadi WritLen.
Beberapa istilah pada pemograman yang kiranya perlu diperkenalkan adalah bug dan debugging. Bug (baca : bag) menyatakan suatu kesalahan dalam program. Adapun debugging (baca : dibaging) adalah upaya untuk mencari kesalahan pada program. Kesalahan pada tahap ini umumnya berupa kesalahan logika. Contoh kesalahan logika : proses menampilkan data semua pegawai wanita, tetapi yang dituliskan di dalam program ternyata semua pegawai (baik pria maupun wanita).
sumber: informatika ITENAS

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nur fitrianti blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -